10 Tips Terbaik Menjaga Hewan Peliharaanmu Tetap Sehat

Tahukah anda jika mempertahankan kesehatan hewan itu tidak sesusah yang dipikirkan. Mempertahankan kesehatan hewan anda dapat jadi hal yang membahagiakan serta unik buat anda..

Ingin ketahui triknya? turuti 10 langkah berikut :

1. Kerjakan kontrol dengan cara teratur

Seperti anda, hewan dapat terserang penyakit jantung, sendi, atau sakit gigi. Langkah paling baik untuk menahan beberapa hal itu ialah teratur mengecek situasi hewan anda dengan cara teratur. Tiap hewan condong memiliki karakter yang lain, serta umumnya pemiliknya ialah yang sangat ketahui jika berlangsung perkembangan perilaku pada hewan kecilnya. hingga, jika ada permasalahan, anda dapat selekasnya mengkonsultasikannya ke dokter hewan paling dekat.

Dokter hewan anda akan memberi therapy dengan cara karieronal, memberi pendapat nutrisi yang dibutuhkan, serta pengawasan berat tubuh. Bila anda tidak punyai waktu, anda dapat melakukan waktu vaksinasi, atau pemberian obat cacing (pengedalian wajahit). Umumnya sebelum mekanisme itu dilaksanakan hewan akan dilihat dahulu situasi kesehatannya untuk pastikan jika hewan anda betul-betul siap di vaksin.

2. Kastrasi serta sterilkan hewan anda

Menurut catatan statistik di Amerika Serikat, 8-10 juta anjing serta kucing di Amerika Serikat usai dalam tempat penampungan hewan (shelter) setiap tahunnya. Berapakah salah satunya sebab hilang, beberapa dibuang, serta beberapa lagi tidak punyai rumah atau tuan.

Saat ini dengan perkembangan tehnologi kedokteran hewan, ada satu langkah gampang untuk menahan bertambahnya jumlah hewan. Yakni dengan kastrasi (untuk hewan jantan) serta steril (untuk hewan betina). Mekanisme ini bisa dilaksanakan waktu anjing serta kucing berumur sekurangnya enam sampai delapan minggu.

Kastrasi serta steril, tidaknya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah popuasi anjing serta kucing yang tidak diharapkan, melaikan dapat memberikan nilai plus buat hewan tersebut.

Satu studi memberikan laporan, jika hewan yang telah di kastrasi atau di steril mempunyai risiko terserang kanker semakin rendah daripada yang tidak, serta kurangi risiko hilang sebab karakter menelusuri hewan akan menyusut.

3. Menahan penyebaran wajahit.

Kutu loncat (pinjal) ialah wajahit external yang biasa menggempur serta mengganggu hewan anda, serta bisa menyebabkan iritasi pada kulit, kerontokan rambut, serta infeksi. Kutu loncat ini dapat menyebarkan “wajahit lain” ke anjing serta kucing anda. Kucing atau anjing anda bisa tertelan kutu loncat ini, serta usai dengan penyakit cacing pita, yang disebut wajahit internal yang biasa menggempur anjing serta kucing.

Untuk mengatasi ini, pengendaian siklus hidup wajahit ialah kunci intinya. Pengaturan kutu serta wajahit internal, penting penjagaan penyakit cacing jantung (dirofilariasis) pada ruang yang epidemis.

Sebab beberapa penyembuhan wajahit bisa sukses pada beberapa anjing tetapi bisa menyebabkan fatal pada kucing. Tanyakanlah pada dokter hewan anda , bagaimanakah cara jaga hewan bebas dari cacing, bebas dari kutu, serta aman.

4. Menjaga situasi berat tubuh masih sehat

Banyak anjing serta kucing alami berat tubuh berlebihan atau obesitas. Serta seperti seperti manusia, obesitas pada hewan bisa menjadi risiko kesehatan yang besar seperti diabetes, arthritis, serta kanker.

Pemberian pakan berlebihan, jadi pemicu dari obesitas. Imbuhkan program pemangkasan jumlah pakan setiap tahunya untuk jaga situasi kesehatan mereka. Jaga supaya situasi berat tubuh supaya masih ramping ialah hal penting buat kesehatan hewan.

Sebab hewan (anjing serta kucing) cuma memerlukan kalori yang rendah dari yang kita pikir. Kurang lebih 185-370 gr untuk anijng kecil, serta 240-350 kalori /hari untuk tiap 10 pon berat tubuh kucing. Tanyakanlah dokter hewan anda, yang semakin pahami langkah memberi pakan yang baik berdasar usia, berat tubuh, serta perilaku hewan anda.

5. Vaksinasi dengan cara teratur

Untuk memperoleh kesehatan yang maksimal, hewan perlu divaksin dengan cara teratur untuk menantang penyakit, seperti rabies, distemper, feline leukeemia, serta canine hepatitis.

Berapa seringkali anjing atau kucing anda perlu divaksin atau imunisasi bergantung pada usia, sikap hewan, kesehatan, serta risiko dari lingkungan.

6. Beri lingkungan yang nyaman

Lingkungan yang nyaman adalan kunci lain untuk kesehatan periode panjang serta kesejahteraan anjing serta kucing anda.

Hewan memerlukan stimulasi mental, seperti jalanan untuk anjing, serta tempat mencakar, untuk kucing, window perch (semacam tempat menempati untuk kucing) serta mainan untuk hewan.

Ini juga bisa adalah waktu bermain buat anda. Bukan hanya mempertahankan kesehatan otot, serta kebosanan di ruang, tetapi meningkatkan ikatan yang kuat dengan rekan berkaki empat anda.

7. Mikrochip ID

Di Indonesia kemungkinan ini masing asing, tetapi untuk pengetahuan, mikrochip ID bisa dipakai untuk mengenali kucing yang hilang. Sedikitnya 14% dari kucing diketemukan saat mereka hilang dari rumah. Ini sebab mikrochip membuat hewan kembali lagi pada keluarganya (pemiliknya yang sah), tidak peduli sejauh apa saja saat diketemukan.

Ukurannya kurang lebih sebesar biji beras, mikrochip dimasukkan kebawah kulit dalam hitungan detik, dapan di scan oleh dokter hewan atau petugas pengontrol hewan dalam hitungan detik juga.

8. Hewan perlu perawatan gigi

Seperti anda, hewan anda dapat menanggung derita sebab penyakit gusi serta gigi. Serta sama dengan anda pun, sikat gigi serta pembersihan mulut dengan cara teratur bisa menolong gigi hewan anda kuat serta sehat.

Tahukah anda? Penyakit gigi, ialah satu diantara banyak penyakit yang bisa dihindari pada hewan. Diprediksikan 80% anjing serta 70% kucing memberikan tanda-tanda penyakit hewan waktu berusia 3 tahun, serta menyebabkan abses, lepasnya gigi, serta ngilu akut. Pada keadaan ini perlakuan dilaksanakan oleh dokter hewan.

Penyakit gigi serta gusi bisa dihindari dengan perawatan gigi dengan teratur oleh pemilik. Perawatan gigi ini mencakup sikat gigi, kumur mulut, serta perawatan gigi. Dokter hewan anda ialah info yang baik bila anda ingin bertanya langkah menggosok gigi, berkumur untuk hewan, serta perawatan lainnya.

9. Jangan sampai memberi hewan obat manusia

Obat yang dibikin untuk manusia bisa membunuh hewan anda. Bukti penting, Perkumpulan Perlindungan Kekerasan untuk Hewan di Amerika Serikat (ASPCA) mengatakan, pada obat manusia tercatat minimal 10 toksin yang mematikan untuk hewan.

NSAIDs seperti ibuprofen, serta naproxen ialah obat yang biasa dipakai oleh manusia (dalam kerangka ini orang yang membenci hewan) untuk meracuni hewan. Tapi antidepresan, dekongestan, muscle relaxan, serta acetaminophen ialah sedikit obat pada manusia yang digunakan untuk mengurasi risiko kesehatan pada hewan. Obat manusia menyebabkan kerusakan ginjal, masalah saraf, serta penyakit serangan jantung pada anjing serta hewan.

Jika hewan anda diduga sudah konsumsi obat anda (manusia), atau benda toksik apa saja, hubungi dokter hewan atau klinik hewan-24 jam. Serta tekankan cek secepat-cepatnya sama dokter hewan anda, apabila hari sudah terburu sore atau waktu hari libur saat umumnya klinik hewan telah tutup, cek panggilan lokal klinik hewan-emergensi 24 jam, serta bawa serta hewan anda untuk dicheck. Sekarang ini banyak kota metropolitan yang mempunyai klinik seperti ini, jadi anda tak perlu cemas.

10. Pegang hewan sebagus-baiknya waktu ada di kendaraan

Anda seringkali menggunakan sabuk pengaman waktu berkendara dengan mobil, kenapa hewan anda pun tidak? Hewan yang tidak di ikat di mobil akan mengubah perhatian pengemudi, serta membuat pengemudi serta hewan ada dalam risiko yang serius atau serta semakin jelek lagi. Untuk selalu jaga hewan anda aman saat di perjalanan : Jangan dibiarkan hewan jalan-jalan di bangku depan dimana risiko besar atau kematian dapat berlangsung dengan kesempatan yang semakin besar

Jangan dibiarkan hewan anda keluarkan kepalanya ke jendela mobil waktu berkendara atau bergerak bebas dibagian belakang truk.

Untuk jaga keselamatan hewan, pakai cage (sangkar/kurungan) atau cage bag untuk kucing, lalu amankan cage dengan sabuk pengaman. Untuk anjing ada pilihan spesial, yakni sebuat tali kekang spesial yang direncanakan agar bisa diikatkan pada sabuk pengaman.

laraquint